Manfaat Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Sehari - hari

Manfaat Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Sehari - hari

Manfaat Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Sehari - hari - Internet memiliki dampak positif dan peranan penting dalam kehidupan sehari - hari, tidak hanya bagi masyarakat, melihat banyaknya manfaat internet, internet juga mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan, dengan adanya internet para pelajar siswa atau siswi dapat menambah wawasan dan pengetahuannya melalui internet, setiap orang dapat belajar banyak melalui media internet. Untuk dapat mengakses internet kita dapat melakukannya melalui ponsel atau komputer yang telah terkoneksi  atau terhubung dengan internet.

Selain sebagai media untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan, internet juga memiliki manfaat sebagai sarana hiburan, mengobrol dengan teman melalui sosial media dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Internet memudahkan kita dalam mencari informasi, internet bersifat global kita bisa mendapatkan banyak wawasan dan informasi secara luas. Dalam menjelajahi internet ketika kita mencari informasi kita dapat menggunakan bantuan mesin pencari, seperti Google.

Internet memililki banyak manfaat, apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dengan internet ? Simak beberapa manfaat internet bagi kehidupan sehari - hari dibawah ini.

Manfaat Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Sehari - hari
Manfaat Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Sehari - hari

1. Internet Sebagai Media Untuk Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan menjelajah internet banyak informasi yang bisa kita dapatkan, hal itu dapat memberikan bertambahnya wawasan dan pengetahuan. Tersedia begitu banyaknya informasi - informasi yang bisa kita dapatkan melalui internet, dengan bermodalkan koneksi internet, ponsel atau komputer kapan pun kita dapat menjelajah internet, menggali informasi, menambah wawasan dan pengetahuan.

Sifat internet yang menyeluruh atau global menjadikan kita dapat menggali informasi dari manapun, banyaknya situs - situs berita yang bisa kita akses melalui internet dapat memudahkan kita dalam mengetahui informasi yang berasal dari daerah atau tempat tertentu tanpa harus datang terlebih dahulu ke tempat tersebut. Melalui internet kita dapat mengetahui banyak informasi, dengan begitu wawasan dan pengetahuan yang kita miliki pun akan semakin bertambah.

2. Internet Memberikan Kemudahan Dalam Berkomunikasi

Bersosialisasi adalah kegiatan yang tidak terlepas dalam kehidupan sehari - hari, internet memudahkan kita dalam berkomunikasi. Tidak seperti jaman dahulu, dalam berkomunikasi jarak jauh dahulu masih menggunakan surat, dalam era modern teknologi semakin berkembang, dengan mudahnya seseorang dapat mengakses internet.

Seseorang dapat berkomunikasi secara online melalui internet dengan menggunakan media sosial. Beragamnya media sosial memberikan pilihan kepada kita dalam berkomunikasi. Jika dahulu masih menggunakan surat, dengan berkembangnya teknologi sekarang kita dapat berkomunikasi dengan mudah menggunakan surat elektronik atau email, atau beragam media sosial lainnya.

3. Internet Sebagai Sarana Hiburan

Dalam menjalani kehidupan diwaktu tertentu terkadang seseorang dapat merasakan kejunahan atau rasa bosan, hiburan sangatlah dibutuhkan untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan tersebut, mengetahui banyaknya manfaat internet, internet juga bisa kita jadikan sebagai saran hiburan, banyak yang bisa kita lakukan dalam menggunakan internet sebagai media hiburan, sebagai contoh dengan internet kita bisa bermain game online dan masih banyak lagi contoh lainnya.

4. Media Untuk Berbagi Informasi

Selain menambah wawasan dan pengetahuan kepada kita, kita juga dapat memberikan atau berbagi informasi kepada orang lain. Bagaimana caranya agar kita dapat berbagi informasi atau pengetahuan kita kepada orang lain ? Berbagi informasi atau pengetahuan kepada orang lain adalah hal positif, namun kita juga perlu memperhatikan bahwa apa yang kita bagikan kepada orang lain harus hal yang positif pula, untuk dapat berbagi informasi atau pengetahuan yang kita ketahui kepada orang lain kita dapat membuat sebuah blog atau website yang nantinya didalam blog atau website tersebut dapat kita isi dengan artikel - artikel yang berisi informasi atau pengetahuan yang kita ketahui yang dapat bermanfaat bagi orang lain, selain melalui blog atau website kita juga bisa membagikannya melalui media sosial.

5. Internet Sebagai Media Belajar Secara Online

Belajar tidak hanya dilingkungan sekolah, dimanapun kita berada kita bisa belajar, internet meberikan kemudahan bagi kita untuk belajar kapan pun. Internet dapat digunakan secara umum oleh siapa saja, namun ada batasannya, kita juga harus memperhatikan waktu, jika terlalu lama menatap layar monitor atau ponsel, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Internet sebagai media belajar secara online, selain di sekolah dengan internet pelajar juga dapat memahami pelajaran - pelajaran yang belum mengerti maupun pelajaran - pelajaran yang belum di pelajari di sekolah melalui internet, dengan banyaknya informasi, pengetahuan dan wawasan yang bisa kita peroleh melalui internet, internet juga memberikan kemudahan bagi pelajar dalam membantu mengerjakan tugas - tugas yang diberikan oleh guru.

6 . Internet Memberikan Kemudahan Dalam Berbelanja 

Seperti yang kita ketahui sekarang ini, banyak toko online, dengan adanya internet hal itu dapat memberikan kemudahan kepada kita dalam berbelanja. Tidak perlu datang ke tempat perbelanjaan, jika kita ingin berbelanja secara online dengan memesan suatu produk yang kita inginkan kepada toko online dan melakukan pembayaran, produk yang kita pesan akan dikirim ke alamat tujuan atau alamat kita, akan tetapi dalam berbelanja online kita juga harus memperhatikan apakah penjual atau toko online tersebut terpercaya atau tidak, hal itu harus kita lakukan guna menghindari hal - hal yang tidak diinginkan. Dalam berbelanja online  selain membayar sebelum produk yang kita pesan sampai, terdapt juga sistem bayar ditempat atau membayar ketika produk yang kita pesan sampai ke alamat tujuan, sistem tersebut disebut dengan COD ( Cash On Delivery )

7 . Internet Sebagai Media Untuk Berbisnis

Internet juga memerikan pengaruh dan manfaat terhadap bisnis yang kita jalankan di dunia nyata, sebagai contoh dengan adanya internet hal tersebut dapat membantu dalam mengiklankan suatu produk atau hal lainnya yang dapat  membantu perkembangan atau kemajuan bisnis kita secara online. Selain itu dengan adanya  internet kita juga dapat mendapatkan penghasilan melalui internet dengan berkerja online atau biasa disebut dengan bisnis online.

 Banyaknya fungsi atau manfaat internet dalam kehidupan sehari - hari memberikan alasan bahwa begitu pentingnya internet bagi kita, namun ada hal yang harus kita perhatikan bahwa di sisi lain selain dampak positif internet juga memberikan beberapa dampak negatif, oleh karena itu kita harus menggunakan internet secara bijak dan menggunakan internet untuk hal - hal yang positif.

Manfaat Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Sehari - hari Manfaat Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Sehari - hari Reviewed by Y on 07.29 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.